• Case Study

    Case Study :  e-marketplace e-readiness

    Pengukuran Tingkat Kesiapan  Adopsi  E-marketplace  Bagi UMKM Batik Dengan Model E-readiness

    Penelitian ini akan melakukan pengukuran sejauh mana kesiapan secara elektronik dari aspek internal dalam mengadopsi e-marketplace  dikalangan UMKM Batik di Kota Pekalongan.


    Indikator :
    •Awareness (kesadaran)
    •Governance (tata kelola)
    •Kepedulian
    •Sumber daya bisnis
    •Sumber daya manusia
    •Sumber daya teknologi
    •Adopsi
    Skala pengukuran indikator tingkat kesiapan :

    No
    Skala
    Keterangan
    1.
    Skor 5
    Sangat Setuju
    2.
    Skor 4
    Setuju
    3.
    Skor 3
    Cukup Setuju
    4.
    Skor 2
    Tidak Setuju
    5.
    Skor 1
    Sangat Tidak Setuju
    Karakteristik Responden
    a. Responden berdasarkan omset penjualan

    Omset
    %
    Kurang dari 100 juta
    36%
    100 – 500 juta
    36%
    500 juta – 1 milyar
    25%
    1-2,5 milyar
    3%


    b. Responden berdasarkan kelompok usia

    Usia
    %
    < 30 tahun
    36%
    30-40 tahun
    36%
    41-50 tahun
    25%
    > 50 tahun
    3%


    c. Responden berdasarkan karyawan yang memahami internet

    Yang Memahami Internet
    %
    Tidak ada
    8%
    1 orang
    23%
    2-3 orang
    53%
    4-5 orang
    13%
    >5 orang
    3%


    d. Responden berdasarkan rata – rata mengakses internet

    Rata – rata menggunakan Internet
    %
    1 kali sehari
    37%
    1-3 kali seminggu
    5%
    1 kali seminggu
    3%
    1-3 kali sebulan
    2%
    1 kali sebulan
    0%
    Tidak tentu
    53%


    e. Responden berdasarkan tujuan mengakses internet

    Tujuan mengakses internet
    %
    komunikasi
    39%
    Media sosial
    36%
    Membaca informasi bahan buku & membaca
    23%
    games
    2%


    f. Responden berdasarkan peluang memasarkan produk melalui internet

    Peluang e-market place
    %
    Tidak menjanjikan sama sekali
    0%
    Sekali
    8%
    Tidak menjanjikan
    9%
    Menjanjikan
    41%
    Sangat menjanjikan
    41%


    g. Responden berdasarkan kendala memasarkan produk melalui internet
    Kendala yang dihadapi
    %
    Dana yang tidak memadai
    6%
    Tenaga kerja yang tidak siap
    15%
    Infrastruktur telekomunikasi yang tidak layak
    20%
    Kurangnya pengetahuan menjalankan usaha online
    22%
    Konsumen belum mampu menggunakan internet
    37%


    Hasil Analisis

    a. Awareness ( kepedulian )
    Rata – rata nilai indikator awareness
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Kepedulian dan keinginan untuk menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi
    3,92
    2
    Kepedulian dan keinginan untuk menjalankan usaha mengunakan sistem internet
    4,07
    3
    Kepedulian terhadap pesaing yang menjalankan usahanya secara elektronik atau terkomputerisasi
    3,82
    4
    Kepedulian terhadap pesaing yang menjalankan usahnya menggunakan sistem internet
    3,77
    5
    Pengetahuan tentang model menjalankan usaha secara elektronik yang cocok dengan organisasi
    2,67
    6
    Pengetahuan tentang model menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi
    3,05
    7
    Memahami peluang dan ancaman dalam menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi
    3,00
    8
    Memahami peluang dan ancaman dalam menjalankan usaha menggunakan sistem internet
    3,48
    9
    Memahami tentang manfaat  menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi bagi organisasi
    3,15
    10
    Memahami tentang manfaat  menjalankan usaha  menggunakan sistem internet bagi organisasi
    3,75
    11
    Memahami dampak positif dan negatif menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi dalam melakukan usaha di lingkungan industri
    3,68
    12
    Memahami dampak positif dan negatif menjalankan usaha menggunakan sistem internet dan melakukan usaha
    3,60
    13
    Memahami tentang kegagalan menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi bagi organisasi apakah akan menjadi gagal atau kalah dalam bersaing
    3,52
    14
    Memahami tentang kegagalan menjalankan usaha menggunakan sistem internet bagi organisasi apakah akan menjadi gagal atau kalah dalam bersaing
    3,48
    Rata - rata
    3,50

    b. Governance
    Nilai indikator governance
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Peranan, tanggungjawab dan akuntabilitas jelas dalam inisiatif e-marketplace
    3,00
    2
    Wewenang pengambilan keputusan telah dinilai secara jelas untuk inisiatif e-marketplace
    3,29
    3
    Menganalisis kemungkinan perubahan dari dalam organisasi, supplier, patner dan konsumen melalui implementasi e-marketplace
    3,33
    4
    Kami mengikuti proses yang sistematis untuk mengelola perubahan karena implementasi e-marketplace
    2,99
    5
    Kami mempunyai matrik untuk menilai dampak inisiatif e-marketplace
    2,59
    6
    Seluruh pegawai disemua level mendukung inisiatif e-marketplace
    2,75
    Rata – rata
    2,99

    c. Komitmen
    Rata – rata nilai indikator komitmen
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Organisasi kami mempunyai visi/misi tentang menjalankan usaha secara elektronik
    3,69
    2
    Organisasi mempunyai visi/misi tentang menjalankan usaha menggunakan sistem internet
    3,52
    3
    Visi organisasi tentang menjalankan usaha secara elektronik dipahami seluruh organisasi
    3,29
    4
    Visi organisasi tentang menjalankan usaha menggunakan sitem internet dipahami ke seluruh organisasi
    3,24
    5
    Inisiatif menjalankan usaha secara elektronik telah berhasil/sukses
    2,51
    6
    Inisiatif menjalankan usaha menggunakan sitem internet telah berhasil/sukses
    2,57
    7
    Seluruh inisiatif menjalankan usaha secara elektronik telah berhasil /sukses
    2,49
    8
    Inisiatif menjalankan usaha menggunakan sistem internet telah berhasil
    2,44
    9
    Pimpinan cukup membantu inisiatif dan implementasi menjalankan usaha secara elektronik
    3,11
    Rata - rata
    2,99

    d. Sumber daya bisnis
    Rata-rata nilai indikator sumber daya bisnis
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Pegawai cukup terbuka dansaling mempercayai satu dengan yang lain
    4,23
    2
    Komunikasi cukup terbuka di organisasi kami
    4,05
    3
    Organisasi memunyai budaya/kebiasaan untuk saling berbagi informasi
    4,08
    4
    Organisasi mempunyai kebijakan untuk membantu tumbuhnya inisiatif untuk menjalankan usaha secara elektronik atau terkomputerisasi  
    3,59
    5
    Organisasi mempunyai kebijakan untuk membantu tumbuhnya inisiatif untuk menjalankan usaha menggunakan sitem internet
    3,56
    6
    Kegagalan dapat ditolerir oleh organisasi
    3,65
    7
    Organisasi cukup mampu menghadapi perubahan
    3,60
    Rata - rata
    3,82

    e. Sumber daya manusia
    Rata – rata nilai indikator sumberdaya manusia
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Mayoritas pegawai memiliki latar belakang komputer
    2,32
    2
    Mayoritas pegawai memiliki keterbatasan menggunakan komputer
    2,92
    Rata - rata
    2,62
    f. Sumber daya teknologi
    Rata – rata nilai indikator sumber daya teknologi
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Memiliki cukup pengalaman dalam menggunakan internet
    3,09
    2
    Cukup mampu menghadapi perubahan lingkungan yang cepat
    3,64
    3
    Organisasi telah menngunakan internet secara baik
    3,00
    4
    Mempunyai saluran internet
    2,43
    5
    Mempunyai sistem yang cukup fleksibel
    2,72
    6
    Memiliki sitem informasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen
    2,97
    Rata – rata
    2,98
    g. Adopsi
    Rata – rata nilai indikator adopsi
    No
    Pernyataan
    Mean
    1
    Adopsi dalam menjalankan usaha secara elektronik
    3,13
    Rata – rata
    3,13
    Kesimpulan
    •Berdasarkan pada pembahasan terlihat bahwa tingkat kesiapan adopsi e-marketplace UKM Batik di Kota Pekalongan adalah sudah cukup siap berdasarkan pada tingkat awarenes, tata kelola, komitmen, sumber daya bisnis, sumber daya manusia dan sumber daya teknologi.
    •Tindak lanjut dari pengukuran tingkat kesiapan ini adalah Pemerintah Kota Pekalongan membuat rekomendasi agar mengembangkan sebuah e-marketplace yang dapat digunakan oleh UMKM Batik melakukan pemasaran secara on-line.


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.