• Data & Informasi serta Pengambilan Keputusan

    Apakah Informasi itu ?

    •         Istilah data mengarah pada fakta-fakta yang kita kumpulkan, simpan, dan proses dengan sistem informasi.
    •         Informasi adalah data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti (pengambilan keputusan yang tepat)

    Karakteristik informasi yang berguna






     Apakah pengambilan keputusan itu ? 
    Pengambilan keputusan melibatkan langkah-langkah sebagai berikut:

    1.       Identifikasi masalah.
    2.      Memilih metode untuk memecahkan masalah.
    3.      Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan  model keputusan tersebut.
    4.      Menginterpretasikan keluaran model tersebut.
    5.      Mengevaluasi sisi positif dari tiap alternatif yang ada.
    6.      Memilih dan melaksanakan solusi yang dipilihnya.

    Keputusan dapat dikategorikan
    berdasarkan sebagai berikut :
    –        Tingkat struktur yang ada
    –        Atau berdasarkan lingkupnya

    Struktur Keputusan
    ·         Keputusan terstruktur bersifat berulang-ulang, rutin, dan dipahami dengan baik hingga dapat didelegasikan kepada pegawai di tingkat lebih rendah dalam suatu organisasi. Sebagai contoh, Keputusan untuk memberikan kredit ke para pelanggan lama, hanya membutuhkan pengetahuan tentang batas kredit pelanggan dan saldo saat ini. Keputusan yang terstruktur sering kali dapat diotomatisasikan.
    ·         Keputusan semi terstruktur  ditandai dengan peraturan-peraturan yang tidak lengkap untuk mengambil keputusan, dan adanya kebutuhan untuk membuat penilaian serta pertimbangan subyektif sebagai pelengkap analisis data yang formal. Sebagai contoh,Menetapkan anggaran pemasaran untuk suatu produk baru.
    ·         Keputusan tidak terstruktur bukan merupakan keputusan yang berulang dan rutin. Contoh, memilih sampul depan sebuah majalah.


    Ruang Lingkup Keputusan
    ·         Berdasarkan pengaruhnya, terdapat bermacam-macam jenis ruang lingkup keputusan.
    ·         Pengendalian Operasional berurusan dengan kinerja yang efektif dan efisien atas tugas tertentu.
    ·         Pengendalian Manajemen berurusan dengan pemakaian yang efektif  dan efisien atas sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi.
    ·         Perencanaan Strategis berurusan dengan penetapan tujuan organisasi dan kebijakan untuk mencapai tujuan tersebut. 



     baca selengkapnya mengenai :

    TIPE KEPUTUSAN MANAJEMEN

    DATA, INFORMASI DAN PENGETAHUAN

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.