• SIA ( Sistem Informasi Akutansi )

    APAKAH SIA ITU ?
    Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem hampir selalu terdiri dari beberapa subsistem kecil, yang masing-masing melakukan fungsi khusus yang penting untuk dan mendukung bagi sistem yang lebih besar.
    SIA adalah sekumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya menjadi informasi.
    SIA terdiri dari lima komponen:
    –        Orang-orang, Prosedur-prosedur, Data, Software (perangkat lunak), Infrastruktur teknologi informasi.

    FUNGSI SIA DLM ORGANISASI
    1        Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas dan transaksi-transaksi yang dilaksanakan oleh organisasi.
    2        Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
    3        Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga harta organisasi.

    MENGAPA DENGAN SIA ?
    Pemahaman cara sistem akuntansi bekerja:
    •          Bagaimana cara mengumpulkan data tentang aktivitas dan transaksi suatu organisasi;
    •          Bagaimana mengubah data tersebut menjadi informasi yang dapat digunakan pihak manajemen untuk menjalankan organisasi mereka;
    •          Dan bagaimana cara memastikan ketersediaan, keandalan, dan keakuratan informasi tersebut.

    MENGAPA DIPERLUKAN SIA ?
    •          Para auditor perlu memahami sistem-sistem yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan.
    •          Alternatif lainnya adalah anda mungkin ingin menspesialisasikan diri pada perpajakan. Jika demikian, Anda perlu memahami tentang SIA klien anda agar dapat percaya bahwa informasi yang digunakan untuk perencanaan dan pemenuhan syarat pajak sudah lengkap dan akurat.

    Sepuluh kegiatan kerja yang paling penting yang dilakukan oleh para Akuntan.
               1.       Sistem akuntansi dan pelaporan keuangan
               2.       Perencanaan strategis jangka panjang
               3.       Mengelola fungsi akuntansi dan keuangan
               4.       Konsultasi internal
               5.       Anggaran jangka pendek
               6.       Analisis keuangan dan ekonomi
               7.       Perbaikan proses
               8.       Sistem dan operasional
               9.       Evaluasi kinerja (dari organisasi)
               10.   Analisis pelanggan dan profitabilitas produk

    Faktor-faktor yang mempengaruhi perancangan SIA




    Rantai Persediaan (Supply Chain)




    Bagaimana SIA Dapat Menambah Nilai Bagi Organisasi
    SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu, agar kelima aktivitas utama rantai nilai dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara :
    –        Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa.
    –        Memperbaiki efisiensi.
    –        Memperbaiki pengambilan keputusan.
    –        Berbagi pengetahuan.
    SIA yang dirancang dengan baik juga dapat membantu meningkatkan laba organisasi dengan memperbaiki efisiensi dan efektifitas rantai persediaannya. 


    SIAPAKAH PEMAKAI SIA
    Pemakai ekstern mencakup :
    ·         pemegang saham
    ·         Investor
    ·         Kreditor
    ·         Pemerintah
    ·         Pelanggan
    ·         Pemasok
    ·         Pesaing
    ·         masyarakat
    Pemakai intern
                     Â·        Para  manajer,

    kebutuhannya bervariasi tergantung pada tingkatannya dalam organisasi atau terhadap fungsi yang mereka jalankan


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.