APAKAH SIA ITU ?
Sistem
adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan,
yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem hampir selalu terdiri dari
beberapa subsistem kecil, yang masing-masing melakukan fungsi khusus yang
penting untuk dan mendukung bagi sistem yang lebih besar.
SIA adalah
sekumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang dirancang untuk
mengubah data keuangan dan data lainnya menjadi informasi.
SIA terdiri dari lima komponen:
–
Orang-orang,
Prosedur-prosedur, Data, Software (perangkat lunak), Infrastruktur teknologi
informasi.
FUNGSI SIA DLM ORGANISASI
1
Mengumpulkan
dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas dan transaksi-transaksi yang
dilaksanakan oleh organisasi.
2
Mengubah
data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat
keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
3
Menyediakan
pengendalian yang memadai untuk menjaga harta organisasi.
MENGAPA DENGAN SIA ?
Pemahaman cara sistem akuntansi bekerja:
•
Bagaimana
cara mengumpulkan data tentang aktivitas dan transaksi suatu organisasi;
•
Bagaimana
mengubah data tersebut menjadi informasi yang dapat digunakan pihak manajemen
untuk menjalankan organisasi mereka;
•
Dan
bagaimana cara memastikan ketersediaan, keandalan, dan keakuratan informasi
tersebut.
MENGAPA DIPERLUKAN
SIA ?
•
Para
auditor perlu memahami sistem-sistem yang digunakan untuk menghasilkan laporan
keuangan perusahaan.
•
Alternatif
lainnya adalah anda mungkin ingin menspesialisasikan diri pada perpajakan. Jika
demikian, Anda perlu memahami tentang SIA klien anda agar dapat percaya bahwa
informasi yang digunakan untuk perencanaan dan pemenuhan syarat pajak sudah
lengkap dan akurat.
Sepuluh kegiatan kerja
yang paling penting yang dilakukan oleh para Akuntan.
1. Sistem akuntansi dan pelaporan
keuangan
2. Perencanaan strategis jangka panjang
3. Mengelola fungsi akuntansi dan
keuangan
4. Konsultasi internal
5. Anggaran jangka pendek
6. Analisis keuangan dan ekonomi
7. Perbaikan proses
8. Sistem dan operasional
9. Evaluasi kinerja (dari organisasi)
10. Analisis pelanggan dan
profitabilitas produk
Faktor-faktor yang
mempengaruhi perancangan SIA
Rantai Persediaan
(Supply Chain)
Bagaimana SIA Dapat Menambah Nilai Bagi Organisasi
SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan
informasi yang akurat dan tepat waktu, agar kelima aktivitas utama rantai nilai
dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. SIA dapat menambah nilai bagi
organisasi dengan cara :
–
Memperbaiki
kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa.
–
Memperbaiki
efisiensi.
–
Memperbaiki
pengambilan keputusan.
–
Berbagi
pengetahuan.
SIA yang dirancang
dengan baik juga dapat membantu meningkatkan laba organisasi dengan memperbaiki
efisiensi dan efektifitas rantai persediaannya.
SIAPAKAH PEMAKAI SIA
Pemakai ekstern mencakup :
·
pemegang
saham
·
Investor
·
Kreditor
·
Pemerintah
·
Pelanggan
·
Pemasok
·
Pesaing
·
masyarakat
Pemakai intern
·
Para manajer,
kebutuhannya bervariasi tergantung pada tingkatannya dalam organisasi
atau terhadap fungsi yang mereka jalankan
No comments:
Post a Comment