• Evolusi e-Bisnis

    Pendekatan evolusi dalam dunia bisnis sering digunakan oleh para negara berkembang dengan alasan yang bermacam macam antara lain :
    ·         resiko yang dipertaruhkan lebih kecil
    ·         memberikan value kepada pelanggan.
    Evolusi memiliki Empat tahapan antara lain :


    1.      Channel Enhancement

    Pada tahap ini perusahaan menggunakan internet sebagai kanal alternatif untuk berhubungan dengan mitra bisnis maupun pelanggan. Perusahaan tidak khawatir akan kehilangan pangsa pasar yang telah dimiliki karena akses melalui internet hanya merupakan salah satu pilihan utama sebagai pelengkap fasilitas konvensional yang telah ada. Jika hasil evaluasi terlihat adanya trend pergeseran pelanggan untuk lebih memilih internet dibandingkan dengan jalur konvensional, maka pada saat itulah perlahan-lahan cara lama dapat mulai ditinggalkan.
    Misal: Company profile yang hanya dibagikan kepada calon investor dan pelanggan saja, dengan teknologi e-bisnis dibangun website profil perusahaan sehingga masyarakat di dunia dapat melihat seluk beluk perusahaan terkait  Komunikasi antar mitra bisnis yang biasa dilakukan dengan telepon, dengan teknologi e-bisnis komunikasi bisa melalui email atau aplikasi.

    2.     Value-Chain Integration

    Value Chain  didefinisikan sebagai rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah menjadi produk jadi. Integrasi rantai nilai perusahaan dengan berbagai rantai nilai mitra bisnisnya akan semakin meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penciptaan produk secara keseluruhan.


    Contoh manfaat  secara langsung bagi manajemen: Perusahaan tidak perlu menimbun banyak bahan mentah di gudangnya, karena tahu persis jumlah stok dan durasi pengiriman dari para pemasoknya; Perusahaan dapat menciptakan produk secara lebih murah, cepat, dan berkualitas baik karena terbentuknya jaringan proses antara pemasok dan perusahaan; Perusahaan dapat meningkatkan profitnya secara signifikan karena perusahaan dapat berkonsentrasi pada kompetensi utamanya  dan “membuang” proses-proses pendukung lainnya ke pihak lain (outsourcing management)

    3.     Industry Transformation

    Transformasi industri terjadi karena perusahaan yang telah mulai memanfaatkan peluang e-bisnis menyadari  kekuatan dan kelemahannya. Tidak sedikit perusahaan yang pada akhirnya berganti bisnis inti atau merubah visi dan misi usahanya setelah melihat  tingginya kompetisi di industri terkait.  Diperlukannya kemampuan manajemen untuk mendefinisikan ulang bisnis intinya setelah adanya fenomena e-business. Misal : Perusahaan penerbitan buku yang biasa memulai rangkaian prosesnya dari pemilihan naskah, pengeditan, penyusunan layout, pencetakan, dan distribusi, berevolusi  hanya berkonsentrasi pada proses pemilihan naskah saja karena proses lainnya dapat di-outsource-kan ke perusahaan lain;  proses pemilihan naskah dapat direduksi  menjadi  bermitra dengan para penulis yang berkompeten di bidangnya. Perusahaan penjual lagu-lagu melalui kaset atau CD yang memiliki banyak toko di setiap kota, dapat dengan mudah mentransformasikan dirinya menjadi portal kompilasi lagu-lagu yang diinginkan pelanggannya

    4.     Convergence


    Konvergensi antara lebih dari satu industri terjadi karena perusahaan mudah berkolaborasi dan berkooperasi untuk menciptakan produk-produk baru yang tidak mungkin dapat diciptakan tanpa adanya kerja sama tersebut. Format kerja sama ini mendatangkan value yang sangat besar baik bagi masing-masing perusahaan maupun  terhadap kualitas kehidupan manusia secara lebih menyeluruh. Contoh : Kolaborasi antara industri perbankan, kesehatan, dan TI melahirkan sebuah smart card yang selain berfungsi sebagai kartu kredit, kartu debet dan media penyimpan data riwayat kesehatan pasien yang akan secara langsung dihubungkan dengan program asuransi kesehatan yang ditawarkan Kolaborasi antara industri telekomunikasi dan internet menghasilkan sebuah ponsel yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi dua arah sekaligus sebagai internet browser Kolaborasi antara industri multimedia dengan manufaktur mobil menawarkan jasa kepada para pelanggan untuk melakukan pemesanan produksi mobil dengan desain, warna, dan karakteristik lain sesuai selera pelanggan  melalui situs internet yang diperlengkapi dengan aplikasi CAD/CAM
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.