• Intermediary

    Intermediary atau perantara didefinisikan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli
           Secara umum, perantara adalah orang atau layanan yang terlibat sebagai pihak ketiga antara dua atau lebih titik akhir dalam komunikasi atau transaksi.
    Perantara elektronis  menyediakan dan mengontrol arus informasi di dunia maya, menggabungkan informasi tersebut dan menjualnya kepada orang lain
    Peran Perantara di E-marketpace
    Mengurangi Biaya Pencarian
    Perantara menyediakan database untuk pilihan konsumen sehingga mereka dapat memprediksi permintaan dan mengurangi biaya pencarian.
    Perantara secara selektif mengarahkan informasi dari penyedia ke konsumen, dan mencocokkan konsumen dengan produk atau jasa.
    Mengatasi masalah privasi
    Perantara dapat menyampaikan informasi, membuat harga, serta mengalokasikan keputusan tanpa memberikan identitas satu atau kedua belah pihak.
    Memberikan Informasi yang lebih lengkap
    Perantara dapat memberikan informasi produk yang tidak dapat diberikan penyedia barang dari sumber lainnya, misalnya dari evaluator independen dan konsumen lain.
    Mengatasi resiko kontrak
    Menjamin dan bertanggung jawab atas hubungan penyedia barang dan konsumen.
    Mengatasi ketidakefisienan penetapan harga
    Perantara melakukan  negosiasi harga yang menguntungkan.
    Contoh Perantara
    Broker
    perusahaan yang memfasilitasi transaksi antara pembeli dan penjual
    e-distributor
    Perantara e-commerce yang menghubungkan produsen dengan pembeli dengan menggabungkan katalog dari banyak produsen di satu tempat.
    Contoh perusahaan sebagai perantara :



    Model bisnis Redington : distributor
    Redington membeli produk dari dalam negri maupun vendor asing, menyetok dan menjual kembali melalui saluran distribusi yang dimilikinya.
    Disintermediation
    Penghilangan lapisan organisasi atau proses bisnis yang bertanggung jawab untuk langkah-langkah  tertentu dalam rantai pasokan
    Reintermediation
    Proses dimana perantara (baik yang baru atau mereka yang telah disintermediated) untuk menjadi perantara baru
    Cybermediation (intermediasi elektronik)
    Penggunaan perangkat lunak (agen cerdas) untuk memfasilitasi intermediasi
    Hypermediation
    Penggunaan kedua intermediasi manusia dan elektronik untuk memberikan bantuan dalam semua tahap dari  e-commerce

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.