• Auctions as EC Market Mechanisms

    Auctions / Lelang
    Istilah “lelang” berasal dari bahasa latin “auctio” yang berarti peningkatan harga secara bertahap, secara umum Lelang merupakan penjualan barang yang terbuka untuk umum baik secara langsung maupun melalui media elektronik dengan cara penawaran harga secara lisan atau tertulis yang didahului dengan usaha mengumpulkan peminat.
    lelang dibagi kedalam beberapa jenis antara lain 
    1 pembeli, 1 penjual
    1 penjual, banyak pembeli   (forward auctions)
    1 pembeli, banyak penjual:
    reverse auctions/ tendering 
    name-your-own-price”
    Banyak pembeli, banyak penjual  (double auctions)
    berikut adalah pengertian dari jenis-jenis lelang tersebut
    Forward Auctions Lelang di mana satu penjual menawarkan item-itemnya untuk ditawarkan, dan beberapa pembeli bersaing untuk menawar harga yang pada akhirnya akan diterima/ disetujui oleh penjual.Penjual biasanya memiliki pilihan untuk menerima atau menolak semua tawaran.Penawaran tertinggi memenangkan lelang Contoh: bisnis barang koleksi
    Reverse Auctions/Tendering Lelang dimana peran pembeli dan penjual terbalik. Beberapa penjual bersaing untuk mendapatkan pembeli. Harga biasanya menurun dari waktu ke waktu sebagai penawaran baru yang dibuatContoh : bisnis pengadaan barang, travel agent, dll

    name-your-own-price”‘menyebutkan harga anda sendiri’ adalah strategi penjualan yang memungkinkan pelanggan untuk menunjukkan harga yang  bisa mereka bayar untuk barang atau jasa, dan meminta penyedia atau pemasok untuk menyetujui harga itu. 

    Double Auctions Sebuah sistem di mana pembeli dan penjual  secara bersamaan menawar dan memberikan tawaran yang kompetitif. Dapat dilakukan dengan proses terbuka, di mana pembeli dan penjual membuka harga mereka dan ditandingkan jika pembeli dan penjual membuka harga yang sama. Pasar lelang ganda biasanya menampilkan sejumlah besar pembeli dan penjual.

    Online Bartering merupakan proses pertukaran barang atau jasa yang dilakukan secara online

    Online Negotiating Negosiasi harga secara online Biasanya digunakan untuk produk mahal/khusus atau untuk pembelian dalam jumlah besar Sama seperti lelangharga dinegosiasikan berdasarkan hasil dari interaksi dan tawar-menawar antara penjual dan pembeli


            
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.