Perkembangan penerapan konsep e-bisnis di sebuah perusahaan/industri lebih banyak dipengaruhi oleh dorongan
faktor
eksternal, seperti: munculnya harapan
konsumen
akan pelayanan yang
lebih baik, munculnya persaingan
global, adanya perkembangan
teknologi, adanya deregulasi dari pemerintah.
•Customer Expectations : Adanya paradigma bahwa konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan dan pertumbuhan suatu perusahaan.
•Competitive Imperatives : Perusahaan dituntut untuk menyesuaikan dirinya dengan perubahan lingkungan persaingan global.
•Technology : Perkembangan TI yang didominasi oleh percepatan perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi
•Deregulation : Adanya deregulasi seperti : ditiadakannya pajak masuk produk-produk import, dibebaskannya kuota export produk, dialirkannya informasi secara bebas
Memilih apakah akan menerapkan konsep e-bisnis atau tidak di dalam perusahaan, minimal dapat dilihat dari 2 hal :
•Penambahan Revenue : Seberapa tinggi potensi penambahan revenue perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung yang didapat pada saat konsep e-bisnis diimplementasikan
• Pengurangan Cost : Seberapa tinggi potensi pengurangan biaya yang dapat dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung yang didapat pada saat konsep e-bisnis diterapkan.
Faktor
internal perusahaan yang menjadi bahan pertimbangan:
•perubahan karakteristik angkatan kerja,
•kesadaran akan
tanggung
jawab
sosial
perusahaan,
•singkatnya usia siklus
hidup
produk dan teknologi,
•inovasi yang muncul hampir setiap waktu,
•rasio
biaya
teknologi terhadap kinerja.
Fenomena bisnis pada saat ini cenderung lebih melihat sebuah perusahaan dari sudut proses dibandingkan dari sudut fungsional.
Proses bisnis adalah sekelompok
aktifitas
yang memberikan
nilai
tambah untuk mengubah input menjadi output kepada
customer dengan mengkombinasikan orang, metoda dan tools yang digunakan
Proses bisnis mengharuskan beberapa departemen di dalam perusahaan bekerja
bersama untuk menentukan sebuah
proses.
Proses bisnis memerlukan
sumber daya manusia,data, teknis dan sistem informasi
Manfaat
organisasi memiliki Proses
Bisnis antara lain :
•Organisasi
menjadi lebih fokus pada pelanggan
•Organisasi
dapat meramalkan dan mengendalikan perubahan yang terjadi
•Mampu
mengembangkan kemampuan organisasi untuk dapat bersaing dengan memperbaiki
sumber daya yang ada
•Menyediakan
sarana dan fasilitas untuk
perubahan yang besar dengan tingkat aktifitas yang kompleks
aManfaat
organisasi ..........
•Membantu
organisasi dalam mengelola hubungan internal lebih efektif
•Menyediakan
cara pandang yang sistematik terhadap aktivitas organisasi
•Menjaga
tetap focus terhadap proses
•Mencegah
timbulnya kesalahan
•Membantu
organisasi menterjemahkan
bagaimana input berubah menjadi
output
•Mengembangkan
sistem pengukuran yang lengkap pada area bisnis
Contoh proses bisnis:
pengembangan produk Ã
dari konsep sampai dengan pengenalan produk di pasar.
No comments:
Post a Comment