• PENGEMBANGAN E-BISNIS

    Perkembangan penerapan konsep e-bisnis di sebuah perusahaan/industri lebih banyak dipengaruhi oleh dorongan faktor eksternal, sepertimunculnya harapan konsumen akan pelayanan yang lebih baikmunculnya persaingan globaladanya perkembangan teknologiadanya deregulasi dari pemerintah.
    Customer Expectations : Adanya paradigma bahwa konsumen merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan dan pertumbuhan suatu perusahaan.  
    Competitive Imperatives : Perusahaan dituntut untuk menyesuaikan dirinya dengan perubahan lingkungan persaingan global.
    Technology : Perkembangan TI yang didominasi oleh percepatan perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi
    Deregulation : Adanya deregulasi seperti : ditiadakannya pajak masuk produk-produk import, dibebaskannya kuota export produkdialirkannya informasi secara bebas
    Memilih apakah akan menerapkan konsep e-bisnis atau tidak di dalam perusahaanminimal dapat dilihat dari 2 hal :
    Penambahan Revenue : Seberapa tinggi potensi penambahan revenue perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung yang didapat pada saat konsep e-bisnis diimplementasikan
     Pengurangan Cost : Seberapa tinggi potensi pengurangan biaya yang dapat dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung yang didapat pada saat konsep e-bisnis diterapkan.
    Faktor internal perusahaan yang menjadi bahan pertimbangan:
    perubahan karakteristik angkatan kerja,
    kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan,
    singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi,
    inovasi yang muncul hampir setiap waktu,
    rasio biaya teknologi terhadap kinerja.
    Fenomena bisnis pada saat ini cenderung lebih melihat sebuah perusahaan dari sudut proses dibandingkan dari sudut fungsional.

    Proses bisnis adalah sekelompok aktifitas yang memberikan nilai tambah untuk  mengubah input menjadi output  kepada customer dengan mengkombinasikan orang, metoda dan tools yang digunakan
    Proses bisnis mengharuskan beberapa departemen di dalam perusahaan bekerja bersama untuk menentukan sebuah proses.
    Proses bisnis memerlukan sumber daya manusia,data, teknis dan sistem informasi
    Manfaat organisasi memiliki Proses Bisnis antara lain :
    Organisasi menjadi lebih fokus pada pelanggan
    Organisasi dapat meramalkan dan mengendalikan perubahan yang terjadi
    Mampu mengembangkan kemampuan organisasi untuk dapat bersaing dengan memperbaiki sumber daya yang ada
    Menyediakan sarana dan fasilitas untuk perubahan yang besar dengan tingkat aktifitas yang kompleks
    aManfaat organisasi ..........
    Membantu organisasi dalam mengelola hubungan internal lebih efektif
    Menyediakan cara pandang yang sistematik terhadap aktivitas organisasi
    Menjaga tetap focus terhadap proses
    Mencegah timbulnya kesalahan
    Membantu organisasi menterjemahkan bagaimana input berubah menjadi output
    Mengembangkan sistem pengukuran yang lengkap pada area bisnis
    Contoh proses bisnis: pengembangan produk à dari konsep sampai dengan pengenalan produk di pasar.
         





         
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

L-ID mania. Powered by Blogger.